Selasa, 30 September 2014

Membuat Program Menghitung Pecahan Uang dengan Array di Java

Intro.
jadi ceritanya abis dikasih tugas sama dosen bikin program menghitung pecahan uang di java TAPI PAKAI ARRAY. Pas googling, ga ada satu pun artikel yang bahas ini. Adanya bahas menghitung pecahan uang di java (tanpa array), menghitung pecahan uang dengan array (tapi ternyata bahasa c). Akhirnya mikir sendiri.

Dan inilah hasil dua jam frustasi (maklum orang tulalit suruh nyebur di kolam logika, ya lama) :




Yep, kode simpel tapi proses dan output nggak banget.



Karena ga puas sama soal yang dikasih dosen, juga hasilnya, jadi bikin soal buat diri sendiri. Nyelesaiinnya sih tentu ga sendirian. Sempet nanya ke forum lawangcode (stackoverflow indo version) sama ke forum programmer di kaskus.


Dan ini hasil final yang masih begini-begini aja :hammers

Nama Program : Penghitung Pecahan UangTugas Program : Membantu user menentukan pecahan uang dari nominal yang dimasukkan users. 

Output : 


Penampakan Kode yang mau dibagiin kalo pembaca pakai aplikasi BlueJ :





Kodenya sengaja gak diketik di blog, biar pembaca ngetik ulang, biar 'ngeh' apa yang ditulis minimal. Hehe.

Intinya sih, pakai array itu lebih simpel berkali-kali lipat. Coba googling "Program Menghitung Uang di Java" pasti ketemunya yang ribet binti puanjang syekale. Sampe tinggal copas aja masih mikir "ciyus nih?" muehehe.


Semoga bermanfaat. Kalau ada waktu nanti nge-post artikel "Program Menghitung Pecahan Uang dengan Array di Java ber-output JOption". Tapi ga janji deh. Diri ini punya kesibukan yang lebih dari pada artis #disorakin

3 komentar:

  1. Program yang bagus...
    Salam kenal...

    BalasHapus
  2. kak nanya dong kalau uangnya di buat terbilang gmn kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. array doku nya di isi sama bilangan, println nya diganti print buat gabungin atau value dikumpulkan ke satu string dulu baru dicetak.

      Hapus