Sabtu, 06 Desember 2014

(Review) Suka Duka Pengguna Advan Vandriod S5E



Pada tanggal 22 April 2014 ane sah jadian sama Bang Advan Vandroid S5E seharga Rp1.150.000,- di salah satu toko di mall Tamini Square. Entah dibohongi atau emang harga asli, gak tau dah. Soalnya dari awal gak ada punya niat ngelirik Bang Advan. Orang tadinya mau nyari Bang Samsung, Bang Lennovo atau Ever Cross. Gara-gara dicomblangin mbak-mbak konter sama Bang Advan, ya udah ane coba jalanin dulu ajah.


Spesifikasi (yang tertulis di kerdusnya) :
  • Processor            : Cortex A7 Dual Core 1.3 GHz
  • OS                       : Android 4.2 Jelly Bean
  • RAM                   : 512MB DDR2
  • Internal Memory : 4GB (Eksternal: up to 32GB)
  • Display                : 5.0” FWVVGA (854x480)
  • Touch Panel        : 5 Points Capacitive Screen
  • Network              : GSM (900/1800 MHz); WCDMA (2100MHz)
  • Wi-Fi                  : 802.11 b/g/n
  • Camera               : Dual Camera (Front 0.3 Mega, Back 5.0 Mega)
  • Battery                : 1550mAH
  • Dimension          : 145.5 x 77.5 x 9.8mm



Waktu pertama make, ndeso abislah pokoknya. Soalnya mantan ane, Bang Samsung Champ, OS-nya masih Java, sekarang jadian sama Bang Advan yang OS-nya Android. Sejujurnya ane cari yang RAM-nya 1GB. Tapi berhubung temen ane yang punya Ever Cross A12 dengan RAM 512MB bisa maen game Bakery Story, ya udah ane pertimbangin lagi nih si Bang Advan yang punya RAM 512MB, prosesor Dual Core 1.3 GHz lebih dari cucok buat nemenin Ram 512-nya. Inysa allah alus gerakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Bang Advan S5E (menurut pengalaman pribadi)

Kelebihan Bang Advan S5E :
  • 5 inchi layar yang lumayan lebar cocok buat gaming
  • Ram sama Processornya sanggup buat gaming
  • Dual SIM ON
  • OS Android Jelly Bean 4.2 (terbaru pada saat tanggal pembelian ane)
  • Aplikasi BBM udah bawaan dari sana gak bisa diuninstall ternyata (jadi intinya fix bisa bbm-an)
  • Bisa pake BBM lebih dari satu (ini sih tinggal download app BBM2, BBM3, BBM4, etc etc)
  • Buat gaming aja bisa apa lagi buat chatting (bangsa BBM, Whats App, Line, Kakao Talk, etc etc)
  • Ada fitur flash di kamera belakang
  • Fitur Screen Capture/Screen Shot dengan tombol VolumeDown+Lock (gak pake nambahin aplikasi buat screencap doang kan)
  • Interface simple, gak banyak waktu untuk memahami bang Advan S5E ini
  • Layar bening
  • Wallpaper kesetting landscape yang mana bisa digeser-geser (Bang Samsung punya ade ane aja gak bisa)
  • Sinkronisasi e-mail sangat mudah dan bisa lebih dari satu. Cocok banget sama ane yang dikit-dikit perlu cek email
  • Di pengaturan “SIM MANAGEMENT” bisa nge-off-in salah satu SIM atau keduanya. Jadi kalo lagi gak mood diganggu siapa-siapa tapi masih pengen denger radio or internetan dari wi-fi, bisa nonaktifin SIM-nya bukan hapenya (gak perlu pake mode penerbangan yang ngelarang kita nyalain radio atau wi-fi).
  • Kebanting berapa kali tetap hidup dan baik-baik saja, huhu andai ane kayak gitu juga


Kekurangan Bang Advan S5E :
  • Layar 5 inchi ini kadang mengganggu di beberapa kondisi untuk sebagian orang karena gedenya badan Bang Advan ini
  • Dual SIM, dua-duanya bisa connect internet (gak berbarengan) tapi hanya salah satu yang bisa connect 3G jadi kita harus ganti-ganti koneksi kalo lagi pindah paketan dari SIM A ke SIM B atau sebaliknya (cara aturnya di Settings>More/Mobile networks>3G Service)
  • Batere pas-pasan 1550mAH, cenderung kecil malah buat tipe dual sim kayak doi, apa lagi kalo pembaca game addict yang bisa autis kalo beberapa jam aja istirahat main game gara-gara nunggu ngecas
  • Pinggiran casing yang tadinya warna silver lama-lama luntur jadi putih
  • Kamera depan masih VGA (0.3) pas selfie muka yang udah jelek tambah jelek karena pecah wkwk tapi katanya VGA ini emang standar video call, so yeah…
  • Gaming or Chatting, choose wisely… (Ram hanya 512 broh)
  • Port yang buat nge-charge adalah kelemahan terbesar Bang Advan S5E. Usut punya usut, di facebook fanpage Advan Vandroid S5E adminnya sendiri mengungkapkan kalau Advan Vandriod seri S emang rawan di bagian port casan. Ane sendiri udah service dua kali untuk benerin port-nya. Dan komentator di postingan “Rawannya port Advan Vandroid seri S” itu banyak yang menambahkan info: kalau setelah service port, selamanya gak akan bisa connect sama PC lagi (cuma ngecas doang). Ane pun ngalamin. Sekarang kalo mau transfer data dari PC ke hp harus pake card rider.
  • Tapi kalau pembaca adalah tipikal orang rapih dan non begajulan kayak ane, masalah port ini pasti kecil kemungkinannya (waktu di-cas jangan dimainin sampai ketarik-tarik).


Kesimpulan :
  • Advan Vandroid S5E ini bagus, lemahnya cuma di port (untuk orang begajulan di luar sana DON’T try this at home—eh maksudnya DON’T try to buy this).
  • Lalu harus pilih salah satu, genre pembaca gaming or chatting, Bang Advan gak kuat kalo dua-duanya, nge-lag.


Masalah yang dihadapi pengguna Advan Vandroid S5E:
  • Kadang Screen Cap bermasalah “Couldn’t save Screenshot/Couldn’t Capture Screenshot” padahal memori eksternal masih banyak banget. Solusi: matiin hape, lepas memori eksternal (kalo perlu bersih-bersih, tiup-tiup, elus-elus jangan lupa bismilah), pasang lagi, nyalain hape, lalu Settings>Storage>(Default write disk) choose External Storage. Pencet VolumeDown+Lock and… ta-da!
  • Port USB yang rusak, kalau di-service harap hati-hati ketipu abang servicenya. Pengalaman ane service pertama kali, disolder doang kayaknya (ane gak ngawasin, ane tinggal) padahal ane udah minta ganti port yang bagus yang kuat soalnya ane begajulan sampe ane rela bayar  100rb. Eh gak lama, rusak lagi. Ane pindah tempat service di tempat yang kedua ane bilang “bang pokoknya ganti yang bagus, jangan disolder doang! Ganti port!” perlu untuk pengguna mengatakan hal itu biar abang service-nya tau kalo penggunanya ngerti soal ginian (jadi gak disembarangin). CATATAN: KALAU ABIS SERVICE PORT PROSES NGE-CHARGE TAMBAH LAMBAT DARI SEMULA ITU TANDA PORT-NYA DISOLDER DOANG! SEGERA PROTES KALAU PERLU BAWA BAMBU RUNCING!
  • Untuk bisa connect lagi ke PC kayaknya bisa ke Advan Center minta update software deh (ane belum sempet-sempet mau ke sana, gak tau tempat; tapi kata sebagian orang bisa kalo mau update ke Advan Center)


Segitu dulu, entar kalo inget ane edit deh. Punya masalah sama Advan Vandroid S5E? Silakan tanya di kolom komentar siapa tau ane bisa jawab. Fast response: http://twitter.com/NesiKa11 (artist syndrome? Im not that type of people. I always follow back whoever follow me)
Semoga membantu.

UPDATE 27 DES 2014: Port charger rusak lagi -_- bener lah apa kata mereka, kelemahan advan di port charger (casan) nya. Tau ah, bete kalo ngeluarin duit buat ngeservice lagi. Udah bodo amat ama ni hape. Bagi Anda yang begajulan seperti saya, ADVAN SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN. TAPI kalo Anda non-begajulan, masalah ini mungkin tak kan terjadi. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar