Senin, 09 Desember 2013

Mendekati Gray - Harvest Moon Friends of Mineral Town

Yep, I'm back.

Kali ini dengan artikel tentang salah satu karakter Gray dari game Harvest Moon Friends of Mineral Town. Game ini sangat jadul tapi ngangenin. Makanya aku belakangan mainin lagi pake emulator di PC bukan di PS.

Oke langsung aja ya.


Kalian kenal Gray kan?

Cowok paling ketjeh badai di HM FoMT?
Di sini akan kuberi tips untuk deketin Gray sampai nikah ;) menurut pengalaman pribadi aku lho.



Perkenalan dulu kali ya...


Nama : Gray

Tanggal Lahir : 6 WINTER
Pekerjaan : Tukang batu XD di Blacksmith ngebantu kakeknya upgrade tools.
Kesukaan : judulnya aja tukang batu, ya dia suka bebatuan dari gua tambang di Mine (deket hot spring / air terjun) atau gua winter (ketika musim winter danau di mother hills akan beku dan memberikanmu akses ke gua di sana). Semua jenis Ore (bebatuan) Gray suka, KECUALI JUNK ORE

Gimana cara deketinnya?

Gampang, kamu kasih dia Ore (asal jangan junk ore) karena aku tau pertama kali main kamu pasti masih miskin XD

Jadwal Keberadaan Gray


JUMAT s/d RABU

6:00am - 7:00am = Inn lantai 2
7:00am - 8:30am = otw ke Blacksmith
8:30am - 1:00pm = The Blacksmith
1:00pm - 1:30pm = otw ke Inn
1:30pm - 5:00pm = Inn lantai 2
10:00pm - 06:00am = Terkunci di dalam Inn

perbedaan jadwal di hari KAMIS

7:00am - 7:30am = otw ke Mother hills
7:30am - 10:00am = nongkrong di Mother's Hill (tebing puncak gunung)
10:00am - 11:00am = otw ke Blacksmith

Cara efisien menaikan level hati Gray

Beri dia Ore untuk sementara, sampai kamu bisa masak makanan di rumah. Gimana pun juga cowok-cowok HM FoMT lebih suka dikasih makanan mateng dari pada benda-benda. Agar kamu bisa masak, kamu harus upgrade rumah kamu melalui Gotz (tukang kayu & bangunan yang tinggal di mother hills) dan melengkapi Kitchen Set dengan membelinya di TV Network yang tayang setiap sabtu (kamu harus menggunakan telepon umum di Inn (dekat kasir) untuk menghubungi TV Network).

Kalau mau nikah sama Gray, wajib hukumnya melewati Heart Event (kejadian-kejadian yang berkaitan dengan hatinya) dengan lengkap. Untuk melewati semua Heart Event tersebut pastinya kamu terus dekati Gray dengan memberikannya hal-hal kesukaannya. Cara gampang: kasih aja segala jenis Ore kecuali junk ore.


Black Heart (sebatas kenal)

Syarat untuk mendapatkan kejadian ini : gak ada.
Cara mendapatkan kejadian Black Heart : Pergilah ke Blacksmith pada hari Minggu, Selasa, Jumat atau Sabtu 10:00-01:00. Kamu akan menemukan Gray dan Saibara (kakeknya) sedang seperti bertengkar. Ceritanya di situ kamu sudah terlanjur masuk ke Blacksmith. Gray yang masih marah dengan kakeknya akan bersikap kasar padamu atas kedatanganmu yang tidak tepat. Sementara kakeknya (Saibara) menyambut kamu dengan sopan. Gray merasa bahwa Saibara tidak menghargainya, dan ia merasa ingin menyerah. Saat kamu diberi pilihan untuk menjawab omongan Gray, pilih yang "That's called TRAINING" agar Gray merasa kamu menyemangatinya, dan Gray akan berjanji untuk bekerja dan berkarya lebih baik. Jangan pilih "just stop!" karena kamu membuat kesan buruk dengan 'mengomporinya' untuk menyerah.

Hati-hati dengan rivalmu dalam mendekati Gray, yaitu Marry (penjaga perpus)!


Setelah Black Heart Event-mu dengan Gray, kamu nggak boleh ke Blacksmith lagi kalau jam 10AM sampe 1PM! Karena kamu PASTI akan melihat Black Heart Event-nya Marry & Gray, di event (peristiwa) itu Marry menyembuhkan tangan Gray yang berdarah saat bekerja di Blacksmith.


Kalau kamu mau upgrade tools atau mengambil tools kamu yang telah diupgrade, datanglah di jam-jam Gray sudah pulang. 1.30PM sampai 4PM (sebelum jam tutupnya Blacksmith). Kamu bisa tetap dekati Gray dengan menemuinya di Inn (kos2annya) ketika sore sampai jam 9PM (sebelum Inn dikunci).


Dengan begini, Marry nggak punya kesempatan untuk dapet Gray's Black Heart Event. Karena kedatanganmu sebagai heroine game menentukan jalan ceritanya. Kalau kamu nggak datang di jam-jam event, event nggak bakal kejadian. Kamu boleh datang lagi ke Blacksmith secara bebas selama jam buka setelah hati Gray sudah Biru/Blue Heart. Di level ini sudah aman.


(Namun kalau sudah terlanjur kejadian kamu dapat Black Heart Event-nya Marry, maka Jadwal Gray akan berubah, setiap jam 1PM sampai 4PM ia akan ke perpus untuk bertemu Marry. Tapi JANGAN BERKECIL HATI DULU. Kamu tetap bisa terus dekati Gray. Gray juga akan berhenti datang ke perpus kok kalau sudah menikah denganmu.)


Purple Heart (tahapan ini kamu disegani/dihargai/dihormati keberadaannya oleh Gray)

Syarat: telah melewati Black Heart Event

Event ini akan berlangsung di Doug Inn di lantai di mana Gray menetap (lantai 2). Pergi ke sana pada hari Minggu, Selasa, Kamis atau Sabtu sudah 05:00 dan 20:00. Gray bakal minta maaf atas kekasarannya waktu dulu (di Black Heart Event), dan menjelaskan kalau waktu itu dia cuma frustasi di samping dia juga nggak pandai bergaul dengan orang baru seperti kamu. Setelah ngomong begitu, dia cepat-cepat pindah topik ke soal kerjaan. Dan dia akan bilang dia masih perlu banyak belajar agar seperti kakeknya, kamu akan diberi pilihan untuk menyahuti omongannya, pilih yang "You're Great!" untuk memujinya (pilihan "of course!" akan membuatnya merasa kamu merendahkannya dan menganggapnya bodoh). Setelah menjawab "you're great", Gray akan senang dan merendah diri lalu berjanji akan membuatkanmu sesuatu dengan tangannya sendiri. Sudah begitu, dia bilang jangan terlalu seneng ya... haha, Gray tsundere ternyata.

Blue Heart (tahapan ini Gray menganggapmu sahabat atau teman spesial)

Syarat: telah melewati Purple Heart Event. Kamu sudah upgrade space Rucksack/tas kamu (upgrade/beli di super market) dan di rucksack (tas) kamu itu ada space kosongnya!
Cara mencapai Bule Heart : ketika pagi, kamu keluar dengan tas/rucksack yang kosong di hari senin (MONDAY) jam 6AM sampai 12AM untuk dapetin Event ini. Gray akan bertanya apakah kamu suka (perhiasan) jewerly? Kamu harus menjawabnya dengan positif, Gray akan tersenyum dan tiba-tiba memberimu sebuah Brooch (bros) yang dibuatnya sendiri. Saibara (kakeknya) nggak tau, kamu jadi orang pertama yang Gray kasih tau karya bagusnya dan menepati janjinya (di black heart event) padamu untuk bekerja (menempa batuan) dan berkarya lebih baik.

Green Heart and Yellow Heart (tahapan ini ia sudah sangat tertarik padamu, sukaaaa sekali)

Syarat: melewati black, purple dan blue heart event.
Green Heart sepertinya nggak punya kejadian khusus, seingatku Gray tiba-tiba hatinya hijau sendiri. Setiap hari aku kasih dia masakanku (aku dekatinya pas sudah Fall di mana aku sudah kaya hehe), kadang-kadang aku kasih Ore juga sudah pasti senang dianya.
Kalau Yellow Heart kamu datang ke Blacksmith saat MONDAY jam 10AM s/d 1PM (jam Gray masih kerja di sana). Nanti kamu bakalan disambut oleh kakeknya Gray yang berterima kasih padamu karena ia sadar Gray berubah karena kamu berteman dengannya. Oleh karena itu Saibara akan memberi Gray libur untuk satu hari (hari itu juga) agar bisa keluar bersama kamu. Kejadian berikutnya berlangsung di Inn (otomatis). Gray akan bertanya apakah kamu akan menetap di sana untuk waktu yang lama? Jawab "of course", Gray akan senang.

Red Heart

Event di atas mungkin terjadi ketika hati Gray sudah merah. Kalau Event di atas (Saibara berterima kasih padamu, dan Gray bertanya apakah kamu akan menetap) terjadi saat hati Gray kuning/oren, berarti kamu harus terus memberinya hadiah sampai hatinya merah.

Menikah

Salah satu syarat nikah adalah sudah upgrade rumah lagi, sehingga space di samping tempat tidurmu berjarak dengan dinding. Di jarak tersebut harus kamu isi dengan tempat tidur baru (beli di TV Network, tayang setiap sabtu, pesan pembelian melalui telepon umum di Inn). Terus kamu harus beli Blue Feather (bulu biru) di super market seharga 1000G. Bulu biru ini akan menjadi tools bukan item. Gunakan bulu biru saat Gray berada di hadapanmu (pastikan hatinya sudah merah dulu), ini berarti kamu ngelamar dia XD.
Gray akan kaget dan bilang dengan sok cool, "Wow, wow, wait for a sec. No, not here." Lalu dia akan ke rumahmu bersamamu dan membicarakan tentang lamaranmu padanya. Dia berkata bersedia dengan senang hati, dan berkata tak pernah menyangka ini akan terjadi.

Setelah itu, jangan bingung dulu karena nggak langsung nikah. Gray akan menikahimu paling lama seminggu (aku lupa, tapi sepertinya nggak sampai seminggu) setelah kejadian Blue Feather kalian. Ketika tidur, paginya kamu tiba-tiba ada di gereja dan menikah dengan Gray.


Setelah Menikah

Setelah menikah, apakah Gray tetap pergi ke perpustakaan Marry? Tentu saja tidak! Jujur aku juga sempat khawatir dan berencana mengulang game dari awal karena aku sudah terlanjur menyaksikan Black Heart eventnya Marry. Tapi setelah menikah, Gray tidak akan pernah ke perpustakaan Marry lagi. Ia akan berangkat kerja dari rumahmu (setelah menikah, Gray akan tinggal bersamamu) sekitar jam setengah 8 ke Town Square dan pergi ke Blacksmith jam setengah 9. Sampai jam 12.30 siang ia akan pulang ke rumahmu dan terus di rumah sampai malam. Kerjanya sebentar bener, ya?

Harap diperhatikan! Hati Gray akan turun jika ketika ia pulang kamu belum ada di ladang! Pastikan kamu sudah sampai ladang rumahmu sebelum Gray tiba di rumah (1PM)! Aku sempat bingung, setiap pagi Gray hatinya penuh dan sore saat aku pulang hatinya berkurang satu, padahal setiap pagi sudah kukasih sarapan masakkanku, sore cemilan dan malamnya makan malam kesukaan dia yang kumasak sendiri. Setelah kuteliti, ternyata gara-gara aku nggak ada di rumah saat Gray pulang. Duh, suami manja ya... Hihi.


Kamu bisa pergi lagi ke luar kalau sudah menyapa Gray yang baru pulang. Ingat, setelah menikah jam kerjamu jadi tambah nggak bebas. Gray akan tidur jam sepuluh. Sebelum jam 10, kamu belum masuk ladang, Gray akan turun lagi hatinya.

Gray bilang, ia cuma khawatir denganm, kalau kamu di ladang ia akan ngerasa tenang ketimbang kamu di luar nggak bisa diawasin.

Masakkan Kesukaan Gray

Nah-nah ya... jujur aku cari contekan sana-sini di internet tentang kesukaannya Gray. Banyak yang melenceng ih. Tolong dicatat, Gray nggak suka sayuran. Dikasih jus tomat aja dia langsung ngamuk. Padahal di wikia tertulis Gray suka tomat ==" hahh.

Makanya ini daftar makanan kesukaan Gray yang sudah kucoba sendiri kasih ke dia, pokoknya daftar makanan favoritenya (ini daftar nggak urut yaaa). Eh ya, banyak rumor bilang Gray suka segala jenis Cake dan Curry. Aku sudah coba Gray netral sama Curry Noodles sukanya Curry Rice, tapi segala jenis Cake (bukan cookies) dia emang suka.


Daftar Resep Makanan Kesukaan Gray: (nggak urut ya)


Baked Corn (favorite Gray #1)

Alat: Oven, Seosoning Set: Salt
Bahan: Jagung (corn)

Apple Pie

Alat: Knife, Pot, Rolling Pin, Oven, Seosoning Set: Sugar
Bahan: Butter, Flour (tepung), telur (egg), apple, honey (madu)
(Resep membuat butter: mixer, seosoning set: salt, milk)

Curry Rice

Alat: Knife, Pot, Seosoning Set: Sugar & Soy Sauce
Bahan: Rice Ball, Curry Powder.
Tambahan (opsional, bisa dipakai, bisa enggak) : telur, ikan (small aja) dan jamur

Omelet Rice

Alat: Frying Pan, Seosoning Set: Salt
Bahan: Egg, oil, riceball, milk

Baked Sweet Potato

Alat: Oven, SeosoningSet: Sugar & Salt
Bahan: Butter, Sweet Potato

French Frice (kentang goreng)

Alat: knife, frying pan, seosening set: salt
Bahan: oil, potato (kentang)

Cokelat Cake

Alat:  knife, whisk, oven, seosoning: sugar
Bahan: butter, flour, egg, honey, chocolate.

Fried Rice

Alat:  knife, frying pan, seosoning: sugar, salt & soy sauce
Bahan:  oil, rice ball, egg.
Tambahan: jamur, ikan, greenpaper, bawang (onion), (bisa ditambah bamboo shoot, tapi jangan GRAY BENCI BAMBOO SHOOT)

Pizza

Alat: rolling pin, oven, seosoningset: salt
Bahan:  ketchup, flour, cheese.
Tambahan (opsional, bisa dipakai, bisa tidak): ikan, jamur, onion, greenpaper, jagung

Candied Potato

Alat: Pot, sesoning set: sugar
Bahan: honey, sweet potato

Pudding

Alat: pot, oven, seosoning: sugar
Bahan: telur, susu

Fried Noodles

Alat: frying pan
Bahan: noodles, oil.
(untuk bukat noodles: knife, pot, rolling pin, flour [tambahan opsional : ikan, telur])
Tambahan (opsional, bisa dipakai atau tidak): telur, jamur, green paper, onion

Dah segitu baru yang kudapet resep yang Gray suka. Total resep yang kupunya baru 81 resep dari sekian banyak resep di HM FoMT.


Gray Benci : eggplant (pernah ngasih happy eggplant dia nggak suka!), bamboo shoot, vegetable, segala macam sayuran mending dihindari (salat, pickle, savory pancake, dsb)

62 komentar:

  1. Kalau nggak lihat blue event apakah masih bisa nikah dgn gray?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, aku aja gak liat green heart event. tetep bisa lanjut terus~ berjuang~

      Hapus
    2. Min, aku lewatin blackheart tapi bukan yg di dalam rumah pandai besi, tapi di depan rumahnya, ketemu gray terus ngomong sedikit terus masuk, pas masuk gray ngomong cute terus ga fokus di marahin saibara suruh keluar

      Hapus
    3. Nah, abis itu hatinya langsung purple, terus gt terus, ga nemu event lagi, sempet ketemu event nya marry, tapi cepet ku ulang terus berusaha ngindar, dan aku terus cari event yg gray di bar tapi malah dapetnya cliff

      Hapus
  2. Kita mau ke blue heartnya nunggu dari jam 6 sampai 12 di dpan pintu ...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan bangun pagi jam 6, keluar rumah dengan tas kosong aja nanti si grey udah di depan pintu.

      Hapus
    2. Aku udah di blue heart tapi gk ada event pas gray ngasih brosnya

      Hapus
  3. Thks ka nesia, aku udah ada di blue heart dan gk ada event si gray ngsih brosnya apa ntar pas hari minggu ka?

    BalasHapus
  4. Ka kok pas monday aku ke tempat kerjaannya gray kok gk terjadi apa2 sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi green heart mau ke yellow kan? udah pastiin jam kedatengan kamu itu di antara jam 10AM sampai 1PM? kalo udah lewat atau kecepetan ya ga dapet. kalo udah dateng tepat waktu tapi belum dapet ya berarti kamu kurang ngerayunya hihihi kasih terus makanan atau ore

      Hapus
    2. Dianya "si gray malah ngomong Ah... We're not that close to each other yet ...

      Hapus
  5. ya jelas udah kelewat kali eventnya kamu ga sadar. kan perubahan dari purple heart ke blue heart lewat event bros ini. pasti udah dapet kalo udah blue heart :)

    BalasHapus
  6. Kak itu pertanyaan yg di atas gk usah di jwb jwb yg ini aja "kan hatinya gray udag merah eh pas di kasih blue father gk mau dia

    BalasHapus
  7. Si graynya malah bilang begitu pas di kasih blue father Ah ... We're not that close to each other yet ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh berarti kurang dekat kali coba deketin & kasih hadiah terus selama satu musim, baru coba lamar lagi XD

      Hapus
    2. Iya aku juga begitu. Itu kenapa yah??

      Hapus
  8. Kalo kita ga sengaja liat black heart nya marry gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gak gimana2, siapin hati aja buat liat gray tiap sore ke perpus marry. tapi kalo udah nikah sama kita, gray gak pernah ke perpus marry lagi kok

      Hapus
  9. Kalo sudah mendapat kan black heart event kita tapi ingin mengubah ke purple event gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya main ke Doug Inn, ke kamarnya Gray di saat gray ada di sana. kalau belum terjadi, berarti kurang memberikan hadiah ke Gray

      Hapus
  10. Aku skrg udah di yellow heart nih. Aku juga liat event black heart di lapangan, tp aku ga ada event yang purple sama biru tp aku dapet kalung dari gray. Skrg mau ke red heart gimana ya lama banget, event nya kapan, jam berapa, dan saat musim apa sih? Aku skrg lg winter dan taun ke 2. Mau ke taun ke 3. Bantuannya biar bisa red heart sama gray

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kunjungi Gray saat jam kerjanya dia. soalnya event Saibara nyuruh Gray pergi jalan sama Heroine itu penting. kalo aku abis dapetin event itu hati Gray langsung merah dan siap dinikahin wkwk. mungkin kamu kurang perhatian. season gak ngaruh. dan bisa jadi gift itu berpengaruh. coba kasih gift yang berharga, seperti rare ore atau masakan kesukaan Gray.

      Hapus
  11. Purple heart ny kok gabisa bisa? Padahal udah hari selasa jam 05.00 dan 20.00 kok.. Black heart nya juga udah

    BalasHapus
    Balasan
    1. di doug In? maksud dari jam 5 - 8 malem itu jam Gray ada di Doug Inn. kalau sabtu kayaknya seharian dia di sana. kalau belum terjadi. mungin kamu kurang rajin ngasih dia barang

      Hapus
    2. sorry, aku lupa sabtu gray kerja. intinya berkunjung ke kamar gray di doug in pas gray lagi di sana. pastikan sering ngasih hadiah. mungkin kalau kamu kasih hadiah yang bagus seperti rare ore dan masakan kesukaan dia, mungkin mempercepat progressnya.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Gak usah kasih pre,kasih branch aja (kayu) dia juga suka,saibara juga suka

    BalasHapus
  14. Kak. Boleh minta id line?? Ada yang mau saya konsultasi soal harvest moon more friends......

    BalasHapus
  15. Kak. Boleh minta id line?? Ada yang mau saya konsultasi soal harvest moon more friends......

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Haloo aku mau tanya deh kalo misal aku udah dapet black event,eh aku masuk lagi..aku liat marry nyembuhin tangan gray :( trs bisa gaaa :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kamu sering kasih barang yang gray suka dn mau nikah jangn sering ke temu marry wktu mau kasih barang itu wktu jam 10-12.50 dan smpe hati dh biru ato kuning boleh deh kasih barang ke gray wktu di perputakan klo kayk gitu masih ada kemungkin gray suka kamu hehe

      Hapus
  18. Min.. itu grey yg ngelamar ato kita??

    BalasHapus
  19. Mau tanya, ini gray datang kerumah dia mau bikin palu dan pinjam water mill, terus abis itu aku ke rose square,nngeliat gray sama mery. Ini event bahaya gak ya? Soalnya hati grey udah orange, takut tiba2 jadi hitam..

    Event ini ngaruh ke hatinya gray gak ya?

    BalasHapus
  20. mau tanya,aku waktu itu ngebuat hati gray sm dokter merah terus aku nikahnya malah sama dokter,gray marah aku harua gmn?

    BalasHapus
  21. mau tanya,aku waktu itu ngebuat hati gray sm dokter merah terus aku nikahnya malah sama dokter,gray marah aku harua gmn?

    BalasHapus
  22. kalo hati orange ke merah bakal lama gak ya? soal aku tiap hri kasih brng dia suka misal :bread,lumber,egg,pizza,cheese,branch

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Gmn cara nya mau ke purple say? Gak dpt black heart event nya ni..sdh keburu sm mary dia nya ke perpus mulu..tapi sy udah sering ksh hadiah sebates bebatuan aja soalnya baru main jadi msh miskin wkwkwkw

    BalasHapus
  25. Gmn cara nya mau ke purple say? Gak dpt black heart event nya ni..sdh keburu sm mary dia nya ke perpus mulu..tapi sy udah sering ksh hadiah sebates bebatuan aja soalnya baru main jadi msh miskin wkwkwkw

    BalasHapus
  26. Waktu ngelamar kok kesannya kaya di tolak sama Gray?

    BalasHapus
  27. hai mau tanya, ada yang bilang hm girl setelah menikah itu tamat, apa iya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo hm back to nature for girl, kan beda sama more friend mineral town...

      Hapus
  28. Pengen coba sama dia jadi nganu... biasanya sama dokter yang selow aja... w balik jam 12 juga selow aja... terus bebas karena dokter orang sibuk... baru balik jam 8, w juga selow aja... malah sering pulang bareng kalo ada urusan di kota... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  29. Min..
    Klo kita gk ke black heart event gimana?soalnya gw msh di bulan spring dan semua cowok udh blue heart

    BalasHapus
  30. Kalian pasti kepingin gamenya. Yuk download di blog ini http://mijerii.blogspot.co.id/2017/06/harvest-moon-friends-of-mineral-town.html?m=1

    BalasHapus
  31. Knp sy event purple heartnya ndk ada kapan waktu eventnya plsss

    BalasHapus
  32. Jadi dari blackheart kita harus sering² ksh dia hadiah ya?

    BalasHapus
  33. oh ya setelah punya anak apakah anaknya bisa gede??? dan kira" sampai berapa usianya???

    BalasHapus
  34. Kak apakah versi perempuan ini bisa hamil ?Gimana ya kak caranya, soalnya aku udah nikah sama gray

    BalasHapus
  35. Kak apakah versi perempuan ini bisa hamil ?Gimana ya kak caranya, soalnya aku udah nikah sama gray

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tunggu setelah 1 atau 2 bulan setelah menikah, nanti ada event hamil

      Hapus
  36. kak,kalau dapat cookies dari thanks giving itu pas di lamar di tolak atau ngak??

    BalasHapus
  37. Kenapa hati gray tiba-tiba hilang? Jadi tidak ada icon hati lagi, kenapa ya?

    BalasHapus
  38. 2020 masih main dari awal sampai sekarang masih favorit gray 😍 makasih saran setelah nikahnya kak

    BalasHapus
  39. Gray? Gray kan cowo, mana bisa dinikahin -_-

    BalasHapus
  40. Butuh waktu brp lama dari orange ke red heart?

    BalasHapus
  41. Mau nanya kan yg versi btn abis nikah tamat, klo yg ini abis nikah langsung tamat aatau bisa dilanjutin? Tolong dijawab

    BalasHapus
  42. Kok aku abis bikah tamat ta T.T jadi menyesal, mau jadi wanita karir aja wkwkwk atau krna belom upgrade rumah tp dah nikah? Waktu itu sama cliff, skrng lagi ulang lagi main

    BalasHapus
  43. Kakk, taunya upgrade rumah itu darimana ya :((

    BalasHapus