Jumat, 04 Oktober 2013

Mengatur Nomor Halaman Dengan Format Berbeda Dalam Satu File (Ms Office 2007/2010)

Petunjuk untuk membuat penomoran halaman dengan format berbeda dalam satu file. Petunjuk ini berlaku di microsoft 2007 dan 2010.

  1. Sediakan tulisan yang sudah hampir selesai yang akan diberi nomor halaman.
  2. Misal, pembaca mau membuat nomor halaman judul (cover), kata pengantar dan daftar isi dengan angka romawi (i, ii, iii, dst). Klik Insert kemudian Page Number terus pilih Bottom of Page and Plan Number 2 (opsional). 



    Nah, kalau sudah, nomor halaman akan otomatis muncul berawal dari nomor satu pada halaman pertama.

  3. Ubah angka standar menjadi romawi (i, ii, iii, iv, dst). Klik kembali Insert kemudian Page Number terus Format Page Numbers
    DI SINI SEMUA HALAMAN BERNOMOR HALAMAN ROMAWI, MAKA JANGAN PANIK DULU.
  4. Untuk membuat halaman yang memuat BAB I hingga akhir memiliki format penomoran angka. Klik dulu halaman yang memuat BAB I. Lalu klik Page Layout dan cari pilihan Breaks pilih Next Page.

    Sampai sini, New Section Break telah tercipta.
  5. Terus, KLIK GANDA pada Footer atau nomor di halaman BAB I, secara otomatis kamu akan masuk ribbon Design. Nonaktifkanlah tombol Link To Previous (sampai tidak berwarna kuning lagi). 
    Jadi, putus sudah hubungan antara halaman BAB I dengan halaman-halaman sebelumnya.
  6. Di halaman BAB I, hapuslah nomor halamannya! Kemudian (masih di ribbon Design) klik Page Number lalu pilih Format Page Number
     
  7. Gantilah format romawi (i, ii, iii) nya dengan angka (1, 2, 3). Dan di Page Numberingnya pilih 'Start at', isi form-nya dengan angka 1. 

    Yeay. You did it. You did it. You did it! Horray! (DORA THE EXPLORER MODE ON)
    Penomoran halaman pada penulisan pembaca sudah berbeda. Yaitu halaman kata pengantar, daftar isi dsb dengan nomor romawi (i, ii, iii). Sedangkan BAB I seterusnya dengan nomor halaman angka yang dimulai dari halaman 1.

    Happy Writting!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar